23 August 2010

SMP (SEKOLAH MENENGAH PERTAMA)

  Di Indonesia SMP adalah rangkaian dari Wajib Belajar 9 Tahun (SD-SMP) setelah lulus dari SD (Sekolah Dasar/ 6 tahun). SMP diselesaikan dalam waktu normal 3 tahun, jika ada yang menempuh SMP lebih dari 3 tahun berarti ada faktor lainnya, misalnya saja tidak naik kelas. Setelah itu barulah menyelesaikan SMU (Sekolah Menengah Umum) yang juga ditempuh 3 tahun.
  Saat saya SMP adalah pertama kalinya saya bersekolah dengan jumlah siswa yang sangat banyak karena biasanya SMP menyediakan sampai 8 kelas pada tiap jenjangnya. Seperti halnya di SMP yang saya pilih untuk bersekolah. Karena SMP saya terfavorit banyak teman saya berasal dari kabupaten, mengingat SMP saya itu terletak di kotamadya persis sebelah kantor walikota.
  Penampakan SMP saya terlihat kecil dari luar dan seperti benteng penjara, karena ada 2 lapis pagar. Saat pagi bapak Satpam akan berada di gerbang luar untuk mengatur lalu lintas untuk kami para siswa menyeberang. Di luar pagar pertama ini siswa wajib turun dari sepeda dan tidak boleh membawa motor. Jika ada yang bersepeda motor atau mobil kesekolah teman-teman biasanya di parkir di depan sekolah (kawasan RSUD/Rumah Sakit Umum Daerah).
  Meskipun SMP saya terletak di kawasan yang ramai, tapi saat kegiatan belajar dimulai tidak ada kebisingan dari kendaraan bermotor, mungkin juga karena SMP saya masih asli bangunan peninggalan penjajahan Belanda. Dengan jendela yang lebar dan tinggi yang menyusahkan kami saat piket harus naik ke meja untuk membuka dan menutupnya, apa lagi membosankan kami tidak bisa melihat keluar jendela saat belajar. Kelas teater yang memudahkan guru untuk melihat seluruh wajah penghuni kelas. Dinding yang tebal dan dingin membuat saya mengantuk jika sudah bosan dengan pelajaran, lantai hitam yang mengkilat sampai saya merasa takut celana dalam saya terpantul di lantai hihihi. Dan tentu saja lorong-lorong panjang dengan atap rendah yang membuat saya berjalan di bawahnya asyik melamun. Menara kecil diatap tempat lonceng dibunyikan. Tidak ketinggalan cerita-cerita hantu yang berputar diantara siswa-siswi. SMP saya tempat Presiden RI pertama Bung Karno juga bersekolah.
  Saat bel masuk berdentang menandakan bel istirahat usai, maka kami akan berderet rapi didepan kelas menanti guru pengajar yang akan mengawal kami masuk kelas sambil memeriksa sepatu kami mengkilat atau tidak, disini keisengan, kejahilan saya dimulai, menginjak ujung-ujung sepatu teman yang sudah mengkilat dilap dengan tissue, ataupun dengan ujung jari kaki yang berkaus kaki dan kami harus memakai dasi kupu-kupu yang mencekik leher terpasang.
  Saya suka SMP saya meski peraturan kedisiplinannya membuat jiwa pemberontak saya terkekang tapi disatu sisi akan membuat saya bersyukur atas kedisiplinan itu, saya menyukai masa-masa SMP saya yang tidak kalah menarik dengan masa SMU, masa SMP akan selalu abadi dalam ingatan. Kelak saya akan datang ke kota itu lagi untuk bernostalgia mengingat rangkaian perjalanan hidup saya, kenakalan, keonaran,kesedihan,kegembiraan,kekecewaan, kemarahan, persahabatan dan cerita cinta, juga melihat apakah banyak perubahan dibalik benteng itu?

Menyampaikan rasa terimakasih untuk perhatian dari sahabat saya:
1. TAG tentang SMP ini saya peroleh dari RIESTA yang menuliskan apapun yang dia alami, juga AWARD yang terpasang diatas.

2. AWARD kedua saya peroleh dari WULANDARI fashion blogger yang menginspirasi:


Dan sahabat yang wajib ikutan TAG SMP adalah:
WULANDARI
ROSANAKMAMI
SIWI
SHINTA
LADYULIA
Lihat ketentuannya DISINI yah ^^

31 comments:

riesta said...

waaaa,,,jadi pengen liat SMP nya mbak aishi...
gak ada potonya ya mbak???
hehehehe

ra said...

saya udah lupa jaman smp..

Aishi Lely said...

*riesta: iyah enggak ada fotonya... karena sudah lama enggak datang ke kota itu.. (tempat tinggal slalu berpindah heheh)

kebookyut said...

wah... smp keboo juga dulu bangunannya masih jaman belanda... jendelanya tinggi bgt, mana lantenya bolong2... huhuhuhu

Baby Dija said...

Tante Ei...
kata Tante Elsa, besok SMP nya Dija di pesantren aja...

Elsa said...

pasti Tante Ei waktu SMP cantik ya Dija...

Aishi Lely said...

*keboo: tapi asyik kan sekolahnya ;))

*baby dija: tante ei mendukung banget tuh ma tante elsa.. karena 3 ponakan tante ei di persiapkan ke gontor juga :))

*elsa: pastilah cantik..tapi tidak secantik k' elsa hihihi

Manajemen Emosi said...

Tim manajemen emosi sangat berterima kasih..semangat selalu..salam hangat dari tim manajemen emosi....sobat udah ada dalam list pendukung GERAKAN SEO POSITIF...

" setiap kebaikan yang kita lakukan maka akan diikuti kebaikan yang lain"

Anak SMP Munir said...

mari terus berusaha bersihkan SE dari keyword tak senonoh , mantap bu dokter sudah ikutan

munir ardi said...

nah sekarang udah PR 2 kan bu dokter, nanti pasti naik lagi deh

KOLABORASI POSTING said...

yuhuuu...ceritanya puanjang eyyy.
hayyahaaa, aku juga dah bikin tulisan kayak gini seminggu yang lalu .

selamat yahhh, akhirnya ikutan nyapu2 jugah :D

ibunyachusaeri said...

Masa-masa sekolah memang sangat sulit dilupakan yah... :)

Yusnita Febri said...

wow banyak bangeet satu angkatan sampe 8 kelas gitu.
Asiik dong soalnya klo pas ulangan harian bisa minta bocoran soal dari kelas sebelah hahaha..
eh itu mah saya ding saat SMA
klo SMP saya paling cuma da 3 kelas dalam satu angkatan :)

atanotonogoro said...

hihihiii seru banget ya ternyata baca baca kisah SMP banyak orang ☺

genial said...

wahhh...uda musimnya ewot lagi iia?!!? smp-an nya seru... :)

gaelby said...

Imaginasiku skrang membawaku pd saat mengesankan dan menyenangkan waktu SMP.
Btw, ouih bravo ! SMP nya dlu juga tmpat Bung Karno sekolah yg Mbak.
Salam sobat :)

ferdivolutions said...

kunjungan balik....
seru ceritanya...
udh rame yg ikutan ya...
semoga kiwot anak SMP yg berbau mesum di gugel cepat ilang...

nisanichan said...

SMP? sudah lupa tuh hehehhe..
kak aku kasih award tuh. di grab yaa :)

Life Tips said...

Semangat ya bersihkan seo negatif dengan SEO positif,

Siwi said...

hayo...hayo...pas SMP bu dokter suka nyontek ga?hehehhehh

oke sit...tagnya segera kukerjakan...

new postku ga ada di blogmu ya sis, apa gara2 jarang postinga ya.....

olanatics said...

SMP? huaa.. saya berambut bondol dan amat sangat tomboy.. hehehe..
salam kenal yaa.. ijin link ke blogku yaa.. :D

julicavero said...

mantaf gan..silahkan dilanjut...

orang kampung said...

mudah2an menang kontes seo nya ya mbak..
oh iya, saya sudah follow di blog ini.. gantian ya..

Henny Y.Wijaya said...

:D alhamdulillah..senangnya dapat sahabat baru.
suaminya di linggau dulu di daerah mana mbak?

F i K a said...

jaman SMP?waah..lagi seneng2nya ikut pramuka sampe kulitnya jadi item bgt dan lebih sering berambut bondol ala demi moore :p..ahaha

nu_nury said...

Wow.. SMPnya dimana ka? vintage banget kyanya, pasti seru buat foto2 *loh dikira museum fatahilah* hehehe...

Keren banget SMPnya ka,, ada kelas teater juga.. smp aku yg di jakarta aja ga ada teaternya.. hihihi kasian yaa.. :p

Goyang Karawang said...

mantap smp semakin populer aja nih.. semoga konten2 negatif turut tersingkir

rosanakmami said...

eh wow
iya :D
udah ku edit, mbak. :D
tadi ndak tau euy kalo ditag juga sama mbak aishi..

Saung Web said...

ingat masa indah saat itu nih.. hehe

ra said...

kunjungan akhir pekan ^^

Obat asam urat said...

Mantap nie gan artikel nya sangat bagus banget ,,,,,,,

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment